Home » Artikel »

Bunda, Ini Tips Ampuh Mengatasi Sembelit pada Anak

Bunda, Ini Tips Ampuh Mengatasi Sembelit pada Anak

Bunda, Ini Tips Ampuh Mengatasi Sembelit pada Anak

Artikel


Sembelit adalah kesulitan buang air besar. Kondisi ini merupakan masalah kesehatan anak yang umum terjadi. Dengan penanganan tepat, sembelit bisa diatasi dan bahkan dihindari. Bagaimanakan sebenarnya gejala sembelit?

  1. Frekuensi buang air besar Si Kecil berkurang dari sebelumnya. Misalnya pada bayi baru lahir feses terlihat keras dan hanya keluar 1 kali sehari atau pada anak yang lebih besar feses akan terlihat keras dan keluar 3-4 hari sekali
  2. Terkadang terdapat darah segar di feses
  3. Feses menjadi keras dan berbentuk kecil-kecil
  4. Setelah buang air besar, Si Kecil merasa tidak nyaman di daerah perut
Penyebab sembelit pada Si Kecil di antaranya adalah:
  1. Kekurangan asupan cairan
  2. Kekurangan asupan serat
  3. Kurang bergerak
Waspadai juga sembelit yang disebabkan adanya riwayat trauma sebelumnya saat buang air besar karena nyeri akibat feses yang keras. Trauma tersebut membuat Si Kecil menahan feses dan menolak buang air besar. Karena ditahan, feses akan semakin keras karena air diserap oleh dinding usus, sehingga saat ia berusaha buang air besar semakin terasa sakit. Keadaan tersebut menjadi seperti lingkaran setan. Lingkaran setan ini harus diputus dengan cara menghilangkan traumanya, dan membuat kondisi Si Kecil nyaman saat buang air besar. Solusi apa yang bisa dilakukan agar Si Kecil terhindar dari sembelit? Simak kiat berikut ini:
  1. Lakukan beberapa latihan: Untuk Si Kecil yang belum bisa merangkak, Bunda bisa gerakkan kakinya seolah-olah sedang mengayuh sepeda. Jika Si Kecil sudah dapat merangkak atau berjalan, ajaklah bermain yang banyak menggerakkan kaki, seperti mengejar bola.
  2. Pijat perut Si Kecil: Lakukan dengan meletakkan dan menekan dengan lembut di posisi tiga jari di bawah pusar di sisi kiri bawah dengan ujung jari Bunda. Lakukan tekanan lembut tapi konstan sekitar tiga menit
  3. Pada bayi ASI, pencernaannya sensitif terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh Bunda (misalnya, jika Bunda kekurangan asupan cairan dan serat) sehingga menyebabkan buang air besar tidak teratur.
  4. Apabila Si Kecil sudah mendapatkan MPASI, perbanyak konsumsi air putih, dan serat. Batasi konsumsi makanan seperti beras, pisang, dan wortel yang sudah dimasak karena dapat memicu sembelit.
  Apabila sembelit belum membaik, konsultasikan kondisi ini kepada dokter.

Related Articles